Tuesday, January 31, 2017

Tips Merawat Mikroskop Dan Produk Mikroskop Terbaru 2017

Setiap orang yang bekerja di laboratorium pasti sangat tahu persis dengan salah satu alat laboratorium yang bernama Mikroskop. Setiap kali melakukan pengamatan atau pengujian sampel dari obyek berupa mikroorganisme (mikroba) selalu menggunakan mikroskop. Jenis mikroskop yang paling banyak digunakan pada laboratorium di Indonesia adalah mikroskop cahaya. Sedangkan untuk mikroskop cahaya terbagi menjadi dua jenis tipe yaitu mikroskop binokuler dan monokuler.

Namun meskipun pegawai laboratorium sudah sangat sering menggunakan mikroskop setiap kali melakukan pengamatan terhadap obyek mikroorganisme. Ternyata banyak yang tidak mengetahui cara merawat mikroskop dengan benar sehingga seringkali mikroskop di laboratorium mengalami kerusakan meskipun terbilang masih baru. Mikroskop merupakan peralatan laboratorium yang dibuat sedemikian canggih dengan bahan yang kokoh sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi jika tidak dilakukan perawatan dengan rutin dan benar maka bisa jadi membuat mikroskop umurnya pendek atau rusak.

Kali ini saya ingin memberikan tips-tips tentang cara merawat mikroskop yang benar supaya mikroskop tidak cepat rusak baik itu tipe mikroskop binokuler ataupun monokuler, simaklah dibawah ini :

1.    Setelah anda menggunakan mikroskop, simpanlah kembali mikroskop dikotak bawaannya dari pabrik dengan rapi. Kemudian taruhlah di tempat yang bebas debu, tidak lembab, dan tidak panas.
2.    Bersihkan bagian non optip mikroskop dengan kain fanel jika tampak kotor. Bagian non optik mikroskop pada umumnya dibuat dari bahan logam dan plastik maka harus sering-sering dibersihkan supaya tidak berkarat. Gunakan kuas untuk bagian yang terselip agar dapat menjangkau debu yang masuk ke dalam sela-sela mikroskop.
3.    Usahakan lensa mikroskop selalu dalam keadaan bersih. Lensa mikroskop ada 3 macam yaitu lensa okuler, lensa obyektif dan lensa kondensor. Bersihkan ketiga-tiganya dengan menggunakan tisu khusus lensa yang sudah dibasahi dengan alkohol namun jangan terlalu banyak hingga menetes dan membasahi bagian lain pada mikroskop.
4.    Untuk noda seperti minyak imersi yang menempel dibagian lensa obyektif bisa dibersihkan dengan xilol/xylene yang dituangkan ke tisu kemudian digosokkan secara perlahan pada bagian yang bernoda.
5.    Pastikan minyak imersi dibersihkan terlebih dahulu baik itu dibagian lensa maupun non lensa sebelum mikroskop dimasukkan ke dalam kotaknya.

Terkadang kita semua lupa atau tidak sempat melakukan perawatan terhadap mikroskop sehingga membuat umurnya tidak panjang sedangkan kebutuhan akan mikroskop terus berlanjut. Apabila mikroskop anda sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena rusak total, sedangkan anda sangat membutuhkannya dalam waktu yang cepat. Anda bisa memesan/membeli mikroskop di Gesunde Medical. Kenapa saya rekomendasikan untuk membeli mikroskop di Gesunde Medical karena proses pengirimannya cepat, transaksi bisa dilakukan secara online, telah menjadi supplier terpercaya dan ada jaminan garansi terhadap kerusakan mikroskop yang anda beli. Anda bisa langsung terhubung dengan toko Gesunde Medical melalui website resminya yang beralamat disini http://www.alatkesehatan.id. Seperti dibawah inilah produk mikroskop terbaru keluaran tahun 2017 yang hanya terjual di Gesunde Medical :

1.    Mikroskop Monokuler GM-XSP-13
Rp 1.500.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)
2.    Mikroskop Monokuler XSP 12
Rp 650.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)
3.    Mikroskop Monokuler L301
Rp 1.500.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)
4.    Mikroskop Binokuler Biological 107BN
Rp 2.500.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)
5.    Mikroskop Digital USB
Rp 875.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)
6.    Mikroskop Industri Terbaru
Rp 2.800.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

No comments:

Post a Comment